Tuesday, April 18, 2023

Bagaimana Mengatasi Anak Salah

1  Pendahuluan

Salam bahagia Ibu Bapak guru Hebat.

Perkenalkan nama saya Amin Wibowo, mengampu mata pelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 42 Semaranag.

2. Tujuan

Ibu Bapak guru hebat semua, kali ini saya akan membagi cerita bagaimana mengatasi anak salah?

3. Materi

Disamping sehari-hari saya mengajar bahasa Inggris, saya juga wali kelas 7A SMPN 42 Semarang.

Suatu hari saya menemukan sebuah kondisi kelas yang tidak nyaman misalnya, rak sepatu berantakan, buku-buku di sudut pojok kelas berantakan, daun pintu kelas rusakintu dan yang paling menyedihkan papan pengumuman atau papan mading untuk menampilkan hasil karya seni berupa tulisan, puisi, pantun,sinopsis dst. jatuh.

4. Lanjutan Materi

Pertama saya menyapa anak2 dengan baik. Selamat pagj anak2.

Saya melihat papan yang mading yang terjatuh kemudian saya menanyakan " siapa yang menjatuhkan papan meading kelas?" Mereka menjawab Andro.yang menjatuhkan papan mading teŕsebut.

Saya tanya dia "bagaimana papan mading jatuh?"

Andro menjawab, saya bermain bola dan menendang papan mading kemudian papan mading jatuh.

Baik Andro Banyak siswa yang melakukan kesalahan yang lebih berat dari pada kamu, misalnya melakukan pencurian, perampokan dst. 

Coba kamu pikirkan langkah apa untuk memperbaikinya.

Andro menjawab saya beri kesempatan 1 minggu untuk memperbaikinya 

Saya senang karena Andro dan temanya bernama Bagus bisa memperbaiki papan mading kelas.

4. Penutup

Sebagai wali kelas sebaiknya kita tidak memarahi siswa ketika mereka melakukan kesalahan, namun stabilkan identitas, kemudian beri kesempatan siswa memperbaiki kesalahan dan tanamkan nilai kebajikan yang yang perlu ditanamkan.

5. Refleksi

Sebaiknya anak salah tidak perlu dimarahi karena akan semakin merasa bersalah dan tidak akan menyelesaikan.





No comments:

Post a Comment